Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Hai hai hai….., memiliki wajah cantik dan sehat pasti idaman semua wanita kali ini admin Osma akan membahas manfaat kulit manggis Seperti buah-buahan lainnya, buah manggis menyimpan berbagai keistimewaan dalam tubuh.

Kulit manggis jangan dianggap enteng. Meski tidak dimakan tapi kulit manggis ternyata banyak manfaatnya karena bisa dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit. 

Kulit manggis punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Kulit manggis memiliki sifat antioksidan, terutama xanthone. Sifat antioksidan pada kulit manggis jumlahnya 27 kali lebih banyak daripada daging buahnya.

Zat Xanthones yang ada di dalam kulit manggis menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti mencegah diabetes, kanker, dan melawan radikal bebas. Kulit manggis juga mampu mencegah sekaligus mengatasi penyakit jantung koroner dan penyakit kulit.

Ekstra kulit manggis sudah banyak digunakan dalam produk obat-obatan. Ekstrak kulit manggis bisa Anda temukan dalam bentuk pil, teh herbal, atau losion. Ekstrak kulit manggis juga kaya akan vitamin, mineral, hingga asam amino.  Kulit manggis menjadi semakin populer dikonsumsi sebagai obat herbal.

Zat penting dalam kulit manggis yang membuat buah manggis sangat berharga adalah zat Xanthones. Zat ini bisa menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas.

Mencegah Kanker

Manfaat kulit manggis yang pertama adalah dapat mencegah risiko kanker. Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker

Mengontrol Gula Darah

Kulit manggis memiliki kalori yang sangat sedikit. Ini membuat manfaat kulit manggis juga sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal, dengan mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah.

Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan aktivitas fisik teratur.

Mencegah Penyakit Jantung dan Penyakit Kardiovaskular Lainnya

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol pada manggis.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin C yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja tubuh bertemu dengan agen infeksi, sehingga seseorang tidak akan mudah sakit.

Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah dapat membuang racun dalam tubuh. Antioksidan dalam kulit manggis dapat mengikat dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh dari polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi dan radiasi. Zat berbahaya ini nantinya akan dihilangkan dari tubuh dengan air seni.

Mengatasi Jerawat

Khasiat kulit manggis diduga juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Zat antioksidan pada kulit manggis diduga bisa melenyapkan produksi relatif oksigen yang mengandung zat berbahaya. Nah, zat antioksidan inilah yang mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat. Di samping itu, kulit manggis diduga juga mampu menekan produksi radikal bebas yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Kulit manggis kini sudah diolah menjadi beberapa bentuk. Mulai dari pil, teh herba, hingga losion. Sebenarnya memang terdapat beberapa penelitian mengenai khasiat kulit manggis bagi kesehatan. Contohnya, mampu menghentikan jumlah bakteri penyebab penyakit, anti inflamasi atau anti radang, hingga anti histamin yang ampuh meredakan gejala alergi.

Akan tetapi, banyak ahli juga mengatakan manfaat kalau manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh, sebenarnya belum diketahui secara pasti khasiat dan cara kerjanya. Dengan kata lain, manfaat atau khasiat kulit manggis masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Sekian dariartikel ini bila ada pertanyaan silahkan bisa ditanyakan dikolom komentar ya…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *