Organisasi Santri

  •  A. Pengertian Pondok Pesantren

Sebelum masuk kepembahasan tentang organisasi santri alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang dimana dalam lembaga tersebut menerapkan sistem pendidikan 24 jam Nonstop, artinya disetiap waktu adalah pendidikan dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi adalah sebuah pendidikan.

Contohnya adalah ketika mandi, di Pesantren khususnya modern dalam mandi santri diharuskan untuk mengantri dan itu adalah sebuah pendidikan,  harus sabar menunggu yang lain selesai mandi, karena didalam Pesantren arti dari Pendidikan adalah “Segala suatu yang kita dengar, kita rasakan adalah sebuah pendidikan”.

  • B. Organisasi Santri

Dan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Pimpinan pondok Pesantren  memberikan wewenang  kepada Santri kelas XI untuk membentuk suatu organisasi santri yang bernama OSMA dimana gunanya adalah membuat Pesantren lebih teratur karena disana sudah ada bagaian-bagian tertentu yang akan mengurus hal yang terkait. Karena hal tersebut juga merupakan pendidikan yang gunanya mempersiapkan para santri agar tidak kaget ketika sudah menjadi alumni karena ketika dia diluar dia akan menghadapi yang lebih besar lagi.

  • C. Mengapa ada Organisasi Santri dalam Pesantren ?    

Adanya  Organisasi dalam Pondok Pesantren gunanya membuat Pesantren tersebut lebih teratur disisi lain adalah membuat para anggota organisasi terlatih untuk mengurus suatu hal, karena ketika mereka sudah lulus mereka akan mengurus yang lebih besar lagi maka dari itulah diperlibatkanlah mereka dalam suatu organisasi, agar mereka menjadi lebih tenang dalam menghadapi suatu masalah karena mereka sudah terbiasa dalam Organisasi Santri.

Semisal di OrganisasiSantri dia mendapat bagian untuk menjadi Sekretaris yang perkerjaanya adalah mengatur segala surat-menyurat yang ada di Organisasi, dll. Dengan dia sudah mengerti dan sudah terbiasa dalam mengatur segala surat-menyurat dalam Organisasi, maka ketika dia sudah bekerja diluar dan ternyata dia juga mendapat menjadi bagian sekretaris, dia sudah siap menjalaninya. Itulah salah satu gunanya organisasi dalam Pondok Pesantren Modern.

Selain itu tujuan utama dari dibentuk suatu organisasi adalah menjadikan para santri lebih terarah karena sudah ada yang mengaturnya yaitu anggota perbagian di Organisasi Santri, seperti yang mengurus ibadah santri adalah Departemen Ibadah, yang mengurus ketertiban santri adalah Departemen Kedisiplinan, dsb.

  • D. Yang ada dalam Organisasi Santri

Struktur Organisasi santri Ma’had Al-Multazam :

  1. Ketua
  2. Sekretaris
  3. Bendahara
  4. Departemen Kedisplinan
  5. Departemen Pendidikan
  6. Departemen Bahasa
  7. Departemen Media, Humas & Jurnalistik
  8. Departemen Kesenian
  9. Departemen Lingkungan Hidup
  10. Departemen Olahraga & Kesehatan

Di setiap bagian Organisasi santri dari mulai Ketua hingga Departemen Olahraga & Kesehatan pastinya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing maka dari itu disetiap bagian diharuskan untuk membuat Program Kerja dan dilaporkan kepada Bagian Pembinaan Pondok dan yang pastinya Program Kerja tersebut harus dilaksankan hingga pergantian kepengurusan organisasi.

  • E. Kegiatan dalam Organisasi Santri

Di dalam Organisasi Santri pastinya memiliki kegiatan seperti :

  1. Mengadakan kumpulan rutin bersama seluruh santri guna memusyawarahkan kedepannya agar pesantren menjadi lebih baik.
  2. Mengadakan Perlombaan dari semua bagian dari Departemen Kedisiplinan hingga Departemen Olahraga & Kesehatan guna meningkatkan gairah terhadap para santri untuk menjadikan pesantren maju.

Adapun Kegiatannya seperti :

  1. KRISTAL (Kreasi dan Prestasi Antar Pelajar) : Diadakan setiap 1 tahun
  2. Expo  Al-Multazam :Diadakan setiap 3 tahun sekali
  3. Language Fair : Diadakan setiap 1 tahun sekali
  4. Osma Award : Diadakan setiap 1 tahun sekali
  5. Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Kembali lagi bahwa semua kegiatan yang ada didalam Organisasi santri adalah suatu pendidikan yang artinya tidak semua pendidikan berada didalam kelas.

Dalam Berorganisasi terdapat Dampak Positif bagi anggota organisasi antara lain :

  1. Membuat anggota Organisasi Santri Menjadi Terlatih terkait mengurus suatu kegiatan.
  2. Menjadikan para anggota Organisasi Santri Menjadi lebih bisa Bertanggung Jawab atas apa yang telah diberikan oleh pimpinan.
  3. Membuat anggota Organisasi Santri menjadi peduli terhadap sesama, karena dalam mengurus para santri membuat para anggota Organisasi Santri menjadi peduli terhadap para santri.

Selain untuk anggota Organisasi santri terdapat pula Dampak Positif bagi para santri yang terlibat antara lain:

  • F. Dampak Postif

Dalam Berorganisasi terdapat Dampak Positif bagi anggota organisasi antara lain :

  1. Membuat anggota Organisasi Santri Menjadi Terlatih terkait mengurus suatu kegiatan.
  2. Menjadikan para anggota Organisasi Santri Menjadi lebih bisa Bertanggung Jawab atas apa yang telah diberikan oleh pimpinan.
  3. Membuat anggota Organisasi Santri menjadi peduli terhadap sesama, karena dalam mengurus para santri membuat para anggota Organisasi Santri menjadi peduli terhadap para santri.

Selain untuk anggota Organisasi santri terdapat pula Dampak Positif bagi para santri yang terlibat antara lain:

  1. Menjadikan para santri menjadi terarah karena mendapat bimbingan langsung dari kakak organisasinya
  2. Menjadikan suasana pesantren menjadi kondusif dan terlihat nyaman karena sudah diatur oleh para anggota Organisasi
  • G. Dampak Negatif 

Namum ada sedikit dampak negatif dari berorganisasi santri ini yaitu para anggota organisasi menjadi terganggu dalam kegiatan belajar dalam kelasnya karena seperti yang kita ketahui banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh Organisasi Santri dan itu membuat para anggota organisasi menjadi terganggu dalam belajar dalam kelasnya.

Dan juga ketika berorganisasi tentunya tidak mudah mengurus ratusan santri agar menjadi terarah pastinya ada saja santri yang belok dalam artian melanggar kedisiplinan yang ada di Pondok Pesantren dan hal itu lah yang membuat para anggota santri menjadi pusing dan membuat kegiatan belajar dalam kelasnya terganggu karena memikirkan bagaimana cara memecahkan kasus tersebut.

Tapi Bagaimanapun dengan berorganisasilah santri menjadi berkembang dalam artian menjadi lebih dewasa, manjadi lebih kritis dan masih banyak lagi plusnya dari santri berorganisasi maka bersyukurlah para santri yang berorganisasi karena Insya Allah dengan berorganisasilah mereka akan menjadi Para Pemimpin Terbaik di masa yang akan datang.